Download Mp3 Sholawat Tarhim Suara Merdu Free [Jernih]

Free Download mp3 sholawat tarhim merdu syaikh mahmud khalil al hussary dan Aldi Kriani total durasi 10 menit lebih bisa untuk alarm waktu sholat subuh, dzuhur, ashar dan maghrib sesuai dengan kalender islam terbaru. Semuanya bisa sobat dapatkan secara gratis dan mudah.

Audio sholawat tarhim ini memiliki kualitas yang jernih seperti pada ulasan download surat yasin waktu lalu, sehingga sobat bisa dengan jelas mendengarkan lantunan setiap kalimatnya.

Mengenai sholawat tarhim banyak sekali pembahasan yang mengulasnya, terutama pada kajian kajian islam atau ceramah keagamaan. Seperti ceramah KH Zainudin MZ, Abdul Somad dan lain sebagainya. Bisa sobat tonton ceramahnya di youtube.

Disini selain membagikan audio mp3 rekaman sholawat tarhim dengan nada merdu, juga akan dibahas mengenai bacaan sholawat tarhim, sejarah dan hukum seputar sholawat satu ini. Dan langsung saja menuju daftar audio sholawat ini.

Download Sholawat Tarhim Full

Disini akan dibagikan 2 audio sholawat, yakni sholawat tarhim dari Syekh Mahmud Khalil Al Hussary dan Aldi Kriani. Silahkan sobat dengar dan download audionya dibawah ini.

Kumpulan Sholawat Tarhim Merdu
Qori/LinkAudio
Sholawat Tarhim – Mahmud Khalil Al Hussary
Sholawat Tarhim Subuh – Aldi Kriani

Itu tadi daftar audio shalawat tarhim baik tarhim imsak, tarhim subuh dan tarhim sebelum maghrib yang merupakan waktu waktu dibacanya sholawat ini.

Bacaan Sholawat Tarhim Arab Latin Dan Artinya

Berikut ini bacaan shalawat tarhim tulisan arab latin dan terjemahan atau terjemahannya yang bisa untuk sobat baca.


⭐Bacaan Shalawat Tarhim Lengkap⭐


۞ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞

āsh-shālâtu wās-sālâmu ‘ālâyk
Artinya : Shālāwāt dān sālām semogā tercurāhkān pādāmu


۞ يَاإمَامَ الْمُجَاهِدِيْنَ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ ۞

Yâ īmâmāl mujâhīdîn yâ Rāsûlāllâh
Artinya : duhāī pemīmpīn pārā pejuāng, yā Rāsulullāh


۞ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞

āsh-shālâtu wās-sālâmu ‘ālâyk
Artinya : Shālāwāt dān sālām semogā tercurāhkān pādāmu


۞ يَانَاصِرَ اْلهُدَى ۞ يَا خَيْرَ خَلْقِ اللهْ ۞

Yâ nâshīrāl hudâ yâ khāyrā khālqīllâh
Artinya : duhāī penuntun petunjuk īlāhī, duhāī mākhluk yāng terbāīk


۞ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞

āsh-shālâtu wās-sālâmu ‘ālâyk
Artinya : Shālāwāt dān sālām semogā tercurāhkān ātāsmu


۞ يَانَاصِرَ الْحَقِّ يَارَسُوْلَ اللهْ ۞

Yâ nâshīrāl hāqqī yâ Rāsûlāllâh
Artinya : Duhāī penolong kebenārān, yā Rāsulullāh


۞ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَيْكَ ۞

āsh-shālâtu wās-sālâmu ‘ālâyk
Artinya : Shālāwāt dān sālām semogā tercurāhkān pādāmu


۞ يَامَنْ اَسْرَى بِكَ مُهَيْمِنُ لَيْلًا نِلْتَ ۞

۞مَا نِلْتَ وَالأَنَامُ نِيَامْ

Yâ Mān āsrâ bīkāl muhāymīnu lāylān nīltā mâ nīltā wāl-ānâmu nīyâmu
Artinya : Wāhāī Yāng Memperjālānkānmu dī mālām hārī, Dīālāh Yāng Māhā Melīndungī, engkāu memperoleh kārunīā sementārā semuā mānusīā tīdur.


۞ وَتَقَدَّمْتَ لِلصَّلَاةِ فَصَلَّ كُلُّ مَنْ فِى السَّمَاءِ وَاَنْتَ الْإِمَامْ ۞

Wā tāqāddāmtā līsh-shālâtī fāshāllâ kulu mān fīs-sāmâī wā āntāl īmâmu
Artinya : Semuā penghunī lāngīt melākukān shālāt dī belākāngmu. dān engkāu menjādī īmām merekā.


۞ وَاِلَى الْمُنْتَهَى رُفِعْتَ كَرِيْمًا ۞

Wā īlāl muntāhâ rufī’tā kārîmān
Artinya : dān dīberāngkātkān ke Sīdrātul Muntāhā kārenā kemulīāānmu.


۞ وَ سَمِعْتَ نِدَاءً عَلَيْكَ السَّلَامْ ۞

Wā sāī’tān nīdâ ‘ālāykās sālâm
Artinya : dān engkāu mendengār suārā ucāpān sālām ātāsmu.


۞ يَا كَرِمَ الْأَخْلَاقْ ۞ يَارَسُوْلَ اللهْ ۞

صَلىَ اللهُ عَلَيْكَ ۞

۞وَ عَلىَ عَلِكَ وَ اَصْحَابِكَ أجْمَعِيْنَ ۞

Yâ kārîmāl ākhlâq yâ Rāsûlāllâh Shāllāllâhu ‘ālāykā wā ‘ālâ âlīkā wā āshhâbīkā ājmā’în
Artinya : Duhāī yāng pālīng mulīā ākhlāknyā. Yā Rāsulullāh. Semogā shālāwāt selālu tercurāhkān pādāmu. Sertā ātās keluārgāmu dān sāhābātmu.

Sejarah Dan Tujuan Shalawat Tarhim

Setelah mendengarkan audio mp3 sholawt tarhim dan mempelajari bacaan sholawat ini, berikutnya mari kita mengulas tentang sejarah dan tujuan diciptakannya sholawat ini.

Dan langsung saja mari kita bahas mulai dari sejarah sholawat sebelum sholat ini lalu setelah itu tujuan dari sholawat tarhim.

1. Sejarah Sholawat Tarhim

Sejarah Sholawat Tarhim

Shalawat tarhim merupakan salah satu dari berbagai jenis sholawat seperti sholawat badar, nariyah dan lain sebagainya.

Lalu siapa yang menciptakan sholawat tarhim ini ?

Sholawat ini diciptakan oleh seseorang syeikh lulusan Universitas Al Azhar, Mesir. Beliau yang menciptakannya adalah Syeikh Mahmud Khalil Al Hussary yang juga menjabat sebagai ketua umum organisasi penghafal Al Quran di Mesir bernama Jam’iyatul Qurra’ Wal Huffadz.

Syeikh Al Hussary terkenal akan keilmuan yang tinggi di bidang qiroah dan tartil, karena ilmunya yang luas seputar qiroah Quran dan tartil Quran beliau juga mendapat julukan Syaikh Al-Maqari’ atau dalam bahasa Indonesia adalah “gurunya para ahli qiroah”.

Lalu bagaimana jalan ceritanya kok bisa sholawat ini sampai ke Indonesia dan dikenal baik oleh masyarakatnya ?

Awal mula sholawat ini dikenal oleh muslim Indonesia yakni pada tahun 1960an yang kala ini Syaikh Mahmud Khalil datang berkunjung ke Indonesia, dalam kedatangannya di tanah air beliau diminta untuk merekam sholawatnya yang tak lain adalah sholawat tarhim di radio lokal yakni Radio Lokananta, Solo.

Kemudian lantunan sholawat dari beliau disiarkan terus menerus diradio Lokananta di Solo dan radio Yasmara (Yayasan Masjid Rahmat) di Surabaya. Dan dari semenjak itu sholawt tarhim semakin luas dikenal manyarakat Indonesia.

Dan sampai saat ini sholawat tarhim banyak diperdengarkan di masjid atau mushola sebelum adzan magrib dan masuknya waktu imsak subuh di waktu bulan suci Ramadhan.

Tapi kebanyakan audio yang diputar saat ini bukan rekaman asli dari Syeikh Mahmud, melainkan dari Syaikh Abdul Aziz yang juga merupakan syaikh asal negeri Mesir.

2. Tujuan Sholawat Tarhim

Tujuan Sholawat Tarhim

Lalu apa sih tujuan dilantunkannya sholawat ini ?

Tujuan utama dari sholawat ini adalah untuk membangunkan kaum muslimin yang masih tertidur untuk bersiap siap menjalankan ibadah sholat subuh, karena awal-awalnya sholawat ini memang khusus dibaca sebelum sholat subuh tiba.

Selain itu, sholawat ini juga bertujuan untuk membangunkan kaum muslimin yang ingin melakukan ibadah sholawat tahajud atau witir.

Dan ketika bulan suci Ramadhan, sholawat ini biasanya dibacakan untuk membangunkan kaum muslim agar segera menunaikan santap sahur.

Dalil Hukum Sholawat Tarhim

Dalil Hukum Sholawat Tarhim

Adapun dalil yang mendasari sholawat tarhim terdapat dalam Fathul Bari, Syarh Shahih al-Bukhari, Juz II, hlm 244 yang bunyinya sebagai berikut :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا يَمْنَعَنَّ أَحَدَكُمْ أَوْ أَحَدًا مِنْكُمْ أَذَانُ بِلَالٍ مِنْ سَحُورِهِ فَإِنَّهُ يُؤَذِّنُ أَوْ يُنَادِي بِلَيْلٍ لِيَرْجِعَ قَائِمَكُمْ وَلِيُنَبِّهَ نَائِمَكُمْ

Arti terjemahannya : “Dari Abdullah bin Mas’ud R.A, Nabi Shallallahu’alaihi Wa Sallam bersabda: Kalian tidak perlu untuk mencegah Bilal adzan sewaktu sahur, karena azannya itu bertujuan untuk mengingatkan siapa saja yang masih berjaga dari tidurnya dan juga membangunkan yang masih tertidur“.

Membangunkan kaum muslimin untuk bersantap sahur, sholat malam atau sholat subuh adalah suatu kebaikan. Namun alangkah baiknya jika sholawat tarhim itu dilantunkan dengan nada yang pelan atau tidak terlalu keras.

Karena ditakutkan akan menimbulkan sifat riya’ dan juga mengganggu kaum muslimin jika ada yang sedang melaksanakan sholat tahajud atau witir.

Demikian tadi sekilas ulasan singkat mulai dari mp3 sholawat tarhim sampai dengan bacaan, sejarah, tujuan dan dalil seputar sholawat ini.

Untuk kejelasan dasar hukumnya silahkan sobat bertanya langsung kepada ustadz atau ulama yang mampu memberikan penjelasan lebih lengkap dan lebih jelas, supaya dalam beramal kita tidak ragu ragu dan terjerumus dalam hal hal kebid’ahan yang tentunya jelas akan merugikan diri kita sendiri. Wallahu A’lam Bishawab…

Tinggalkan komentar