Download Sholawat Asyghil: [Mp3, Bacaan, Sejarah dan Hukum]

Download sholawat asyghil mp3 suara merdu serta bacaan / lirik arab, latin dan artinya dilengkapi pembahasan sejarah dan juga hukum dari shalawat asyghil akan menjadi satu ulasan lengkap pada kesempatan kali ini.

Shalawat ini menjadi buming sekali setelah dibawakan oleh grub gambus modern nissa sabyan dengan suara merdu vokalisnya yakni khoirunnisa. Selain nissa sabyan masih banyak lagi orang orang yang membaca sholawat ini dengan nada merdu, seperti sholawat gus azmi dan lain lain.

Sholawat asyghil sendiri merupakan salah satu dari banyak sholawat yang ada, seperti sholawat tibbil qulub, nariyah, badriyah dan lain sebagainya.

Untuk teman teman yang ingin mendengarkan audio shalawat asyghil, berikut ini daftar mp3 sholawat asyghil yang bisa anda dengar.

Mp3 Sholawat Asyghil Merdu

Disini kami akan membagi audio sholawat kedalam 2 versi, yakni sholawat asyghil versi laki laki dan versi wanita atau perempuan. Dan langsung saja kita mulai dari yang pertama yakni untuk audio rekaman mp3 sholawat asyghil pria.

1. Sholawat Asyghil Versi Laki Laki

Sholawat Asyghil Fadli Habibi & Nissa Sabyan

Mp3 Sholawat Asyghil Pria
QoriLink
Sholawat Asyghil Ustadz Jefri (UJE)Download
Sholawat Asyghil VertizoneDownload
Sholawat Asyghil Fadli Habibi Ft NissaDownload

2. Sholawat Asyghil Versi Wanita

Untuk versi wanita ada 2 audio yang bisa sobat miliki, dan berikut ini daftarnya.

Mp3 Sholawat Asyghil Perempuan
QoriahLink
Sholawat Asyghil F. KamilaDownload
Sholawat Asyghil Alfina N.Download

3. Download Sholawat Asyghil Gratis

Dan berikut ini beberapa audio shalawat asyghil tambahan yang bisa sobat dengar dan download.

Kumpulan Sholawat Asyghil
Judul/LinkAudio
Sholawat Asyghil Tanpa Musik
Sholawat Asyghil Versi Majelis Al Waly

Itu tadi daftar audio yang bisa dibagikan pada kali ini, selanjutnya mari kita ulas juga tentang bacaan sholawat asyghil.

Dapatkan juga : Download Asmaul Husna

Lirik Bacaan Sholawat Asyghil Arab, Latin Dan Artinya

Untuk anda yang ingin mengetahui seperti apa bacaan sholawat ini dari tulisan arab, latin dan juga terjemahannya maka berikut ini teks bacaan sholawat asyghil lengkap.


⭐ Lirik Sholawat Asyghil ⭐


– Teks Arab Sholawat Asyghil

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَي سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَأَشْغِلِ الظَّالِمِيْنَ بِالظَّالِمِيْنَ وَأَخْرِجْنَا مِنْ بَيْنِهِمْ سَالِمِيْنَ وَعَلَي الِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ


– Lirik Latin Sholawat Asyghil

Allāḥummā sḥollī ‘ālā sāyyīdīnā muḥāmmād wā āsygḥīlīdz dzolīmīn bīdz dzolīmīn wā ākḥrījnā mīn bāīnīḥīm sālīmīn wā ‘ālā ālīḥī wā sḥoḥbīḥī ājmā’īn.


– Arti Bacaan Sholawat Asyghil

Yā āllāḥ, berīkānlāḥ sḥālāwāt kepādā pemīmpīn kāmī Nābī Muḥāmmād, dān sībukkānlāḥ orāng-orāng zālīm dengān orāng zālīm lāīnnyā. Selāmātkānlāḥ kāmī dārī kejāḥātān merekā. Dān līmpāḥkānlāḥ sḥālāwāt kepādā seluruḥ keluārgā dān pārā sāḥābāt belīāu.


– Download Teks Sholawat Asyghil

Untuk teman teman yang ingin memiliki teks atau lirik bacaan sholawat asyghil diatas, berikut ini beberapa file jenis pdf dan docx yang bisa anda download.

Bacaan Sholawat Asyghil
Judullink
Lirik Sholawat Asyghil.pdfDownload
Teks Sholawat Asyghil.docxDownload

Sejarah Sholawat Asyghil

Sejarah Sholawat Asyghil

Salah satu jenis sholawat yang cukup terkenal dikalangan umat islam Indonesia adalah sholawat asyghil, terutama dikalangan masyarakat Nahdatul Ulama (NU).

Dalam setiap istighosah baik umum maupun dipesantern, sholawat ini merupakan bacaan utama untuk dibaca secara bersama sama atau berjamaah. Dalam kalender islam, sholawat ini pertama kali dibaca oleh Imam Ja’far As-Sadiq (w. 138H).

Dan Imam Ja’far As-Sadiq juga biasa membaca sholawat asyghil pada saat qunut subuh, dan seiring berjalannya waktu, sholawat ini dikenal juga dengan nama “Sholawat Habib Ahmad bin Umar Alhinduan Ba ‘Alawy”.

Karena dalam kitab “Alkawakib Almudhi’ah fi Zikris Shalah ‘ala Khairil Bariyyah” disebutkan bahwasannya sholawat asyghil merupakan salah satu jenis sholawat.

Adapun isi kandungan atau keutamaan sholawat asyghil adalah sebagai berikut :

  • Sholawat dan salam kepada Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam.
  • Sholawat dan salam kepada keluarga Nabi S.A.W.
  • Sholawat dan salam kepada para sahabat Nabi S.A.W.
  • Memohon perlindungan dan keselamatan dari orang-orang yang dzolim dan kejahatan.

Itu tadi setidaknya apa yang bisa disampaikan dalam ulasan sejarah sholawat asyghil, selanjutnya mari kita pelajari bagaimana hukum sholawat asyghil dalam timbangan syariat.

Hukum Membaca Sholawat Asyghil

Hukum Membaca Sholawat Asyghil

Dalam perkara ini setidaknya ada 2 pertanyaan yang biasa ditanyakan oleh kaum muslim, diantaranya.

  1. Apakah Sholawat itu ada banyak ?
  2. Bagaimana Cara Pengamalan Sholawat ?

Dan mari kita ulas satu persatu pertanyaan diatas berdasarkan sumber “https://almanhaj.or.id/”.

1. Apakah Sholawat itu ada banyak ?

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa memang sholawat ini ada banyak jenisnya, namun dapat dikelompokan menjadi 2 bagian. Yakni

A. Shalawat Yang Disyari’atkan.

Sholawat ini merupakan sholawat yang diajarkan kepada para sahabat oleh Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam. Dan Syeikh Al Albani rahimahullah menyebutkan ada 7 bentuk sholawat yang tercatat dalam kitab “Sifat Sholat Nabi”.

Silahkan sobat cari tahu lebih jauh tentang 7 bacaan sholawat yang disebutkan oleh Syaikh Al Albani tersebut baik melalui kitab atau melalui para ustadz.

B. Shalawat Yang Tidak Disyari’atkan.

Sholawat ini merupakan jenis sholawat yang tidak ada dasar dalil tuntunannya (hadits palsu), haditsnya lemah (dha’if), sangat lemah serta yang dibuat buat oleh manusia.

Dan jenis sholawat yang seperti sangat banyak sekali jumlahnya. Dan jika kita mau meneliti lebih jauh maka sebenernya setiap amalan itu ada dasar dalilnya atau rantai mata perawi hadits.

Sehingga dengan kejelasan dari sanad hadits kita bisa menelusuri kejelasan sumbernya, namun jika dasarnya saja tidak jelas maka sangat diragukan jika itu adalah suatu amalan yang sesuai sunnah.

2. Bagaimana Cara Pengamalan Sholawat ?

Adapun cara pengamalan sholawat yang benar adalah sebagai berikut :

A. Membaca Sholawat Yang Disyariatkan.

Sholawat yang benar adalah yang jelas dasar dalilnya, karena sholawat merupakan salah satu bentuk dzikir maka kita harus teliti ketika hendak bersholawat.

Apakah bacaan tersebut sesuai dengan sunnah atau tidak, karena termasuk musibah jika kita mengamalkan amalan yang tidak jelas tuntunannya.

B. Memperbanyak Bacaan Sholawat

Dianjurkan untuk memperbanyak bacaan sholawat disetiap waktu, terutama di hari Jum’at yang jelas sekali tuntunannya dan ketika ada yang menyebutkan nama Rasulullah Shallallahu’alaihi Wa Sallam.

C. Tidak Menentukan Jumlah, Tempat, Cara

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwasannya bisa membaca sebanyak banyaknya tanpa ada batasan bilangan tertentu.

Kemudian tidak membatasi pada tempat tempat tertentu, namun harus mengingat hukum syariat tempat yang diperbolehkan dan yang dilarang.

Selain itu juga tidak membatasi cara dalam bersholawat, namun juga harus memperhatikan syariatnya.

D. Dilakukan Sendiri-Sendiri

Hendaknya ketika bersholawat ini dilakukan dengan sendiri-sendiri dan tidak berjamaah serta dibaca dengan suara lirih (sirr). Begitulah adab dalam berdzikir.

Dan dari penjelasan-penjelasan diatas semoga kita semua bisa mengambil sikap dalam melakukan suatu bentuk peribadahan, dan tentunya kita harus banyak banyak menuntut ilmu agama dari sumber sumber yang jelas dan berpegang teguh terhadap Al Quran dan Sunnah.

Semoga bermanfaat dan wallahu a’lam bishawab…

Tinggalkan komentar